mindo ‘s blog

blog bebas exxpressiiii,

Prosesor Atom untuk Komputer Murah Diluncurkan Juni

Prosesor Atom untuk Komputer Murah Diluncurkan Juni
Chairman of The Board Intel Corporation, Craig Redford Barret, memaerkan prosesor Atom yang akan menjadi otak komputer murah di Kantor Presiden, Kamis (15/5) sore.

Kamis, 15 Mei 2008 | 22:47 WIB

JAKARTA, KAMIS – Untuk mewujudkan komputer murah di Indonesia, Intel Corporation akan meluncurkan prosesor dengan harga murah pada Juni 2008. Prosesor yang diberi nama Atom tersebut merupakan produk terbaru Intel yang juga ditujukan untuk mengembangkan komputer ultra portable yang ringkas dan ringan.

Kabar tersebut dibocorkan Craig R Barrett, Chairman Intel Corporation saat bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Kamis (15/5). Usai pertemuan tersebut, Barret mengatakan, kesempatan tersebut dimanfaatkannya untuk menjelaskan rencana peluncuran prosesor Atom di Indonesia pada Juni mendatang.

Prosesor Atom diproduksi menggunakan teknologi proses 45 nanometer yang merupakan standar produksi terbaru Intel. Dengan teknologi ini, harga produksi setiap chip prosesor lebih murah karena dapat dibuat dengan ukuran lebih kecil sehingga jumlah produksinya lebih banyak untuk setiap keping wafer silikon, bahan baku chip.

Kehadiran Atom di Indonesia diharapkan bisa menjadi dasar pembuatan komputer murah di Indonesia yang khusus dialokasikan bagi sektor pendidikan. Intel telah berkomitmen untuk menjalin kerja sama dengan produsen komputer lokal untuk mengebangkan komputer seharga 200 dollar AS mulai tahun ini.

Dalam kesempatan yang sama, Mendiknas Bambang Sudibyo mengatakan dengan tersedianya komputer murah maka diharapkan pemerintah dapat secara bertahap memenuhi kebutuhan peralatan itu bagi setiap sekolah di Indonesia. Pemerintah telah mengalokasikan dana Rp1 triliun untuk tujuan tersebut.

Selain pengembangan komputer murah, Intel mendukung pendidikan berbasis teknologi informasi melalui program 1:1 e-learning, program Intel Teach, dan program Intel Skool. Program 1:1 e-learning ditargetkan untuk meningkatkan proses belajar dengan menggabungkan teknologi ke ruang kelas dengan implementasi penyediaan 100 unit Classmate PC Intel untuk proyek percontohan di sekolah-sekolah yang telah terpilih.

Sebagai bagian dari program pendidikan TIK di Indonesia, akan didonasikan 4.000 unit komputer dalam kurun empat tahun dimana 725 unit telah didonasikan ke-33 sekolah pada 2007. Perusahaan itu juga menargetkan melatih 10.000 guru di Indonesia pada 2008 melalui program Intel Teach, pada 2007 sudah dilatih 2.000 guru.

Sementara Skool merupakan konten pendidkan khsusunya sains dan matematika berbasis web. Saat ini konten tersebut telah tersedia dalam berbagai bahasa dan Intel akan bekerja sama dengan pengembang software lokal untuk menyediakannya dalam Bahasa Indonesia.

WAH

Mei 20, 2008 - Posted by | i t |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: